Info Sekolah
Sabtu, 21 Jul 8728
  • SMK Gelora Jaya Nusantara Membuka Pendaftaran Siswa/i Baru Tahun Ajaran 2024-2025 Memiliki 7 Jurusan yaitu: Perhotelan, Kuliner, Tata Kecantikan, Tata Busana, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, dan Teknik Kendaraan Ringan Dan membuka Kelas Industri: Axioo Class Program (TKJ), dan Excellent Perhotelan Industry
  • SMK Gelora Jaya Nusantara Membuka Pendaftaran Siswa/i Baru Tahun Ajaran 2024-2025 Memiliki 7 Jurusan yaitu: Perhotelan, Kuliner, Tata Kecantikan, Tata Busana, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, dan Teknik Kendaraan Ringan Dan membuka Kelas Industri: Axioo Class Program (TKJ), dan Excellent Perhotelan Industry
26 Juni 2024

Bahasa Indonesia Diajarkan di Sekolah Australia Selama 70 Tahun, Ini Alasannya

Rab, 26 Juni 2024 Dibaca 13x SMK Gelora Jaya

Jakarta – Bahasa Indonesia telah diajarkan di 54 negara dan dituturkan oleh 174 ribu siswa di seluruh dunia. Salah satu negara yang memasukkan bahasa Indonesia ke dalam kurikulum sekolahnya adalah Australia.
Pada tingkat sekolah dasar (SD), siswa di Australia wajib mengambil mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada tingkat sekolah menengah, bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran pilihan.

Menurut laporan di situs Universitas Melbourne, Australia, bahasa Indonesia telah menjadi bagian dari kurikulum sekolah selama kurang lebih 70 tahun. Lantas kenapa bahasa Indonesia masuk kurikulum sekolah di Australia?

Alasan Bahasa Indonesia Masuk Kurikulum Sekolah Australia
Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan salah negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Populasi Indonesia juga termasuk yang terbanyak di dunia dengan sekitar 280 juta atau lebih dari 10 kali lipat jumlah penduduk Australia.

Hal tersebut yang kemudian dipandang Australia sebagai langkah penting untuk menjalin kerja sama termasuk bidang pendidikan. Australia memandang Indonesia sebagai negara terpenting di Asia Tenggara dan bisa menjadi kekuatan global.
Salah satunya, karena Indonesia memiliki bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dengan urutan keenam. Selain itu, pada 2023, bahasa Indonesia juga telah disahkan sebagai bahasa resmi di sidang umum United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa akhirnya Australia memasukkan bahasa Indonesia ke dalam kurikulum sekolah di negara mereka, sebagaimana dikutip dari Asia Education Foundation.

1. Negara Tetangga dan Potensi Masa Depan
Australia dan Indonesia merupakan dua negara yang terikat oleh geografi dan sejarah. Selama ini, kedua negara telah membentuk masa depan bersama melalui kerja sama di bidang perdagangan, keamanan, dan inovasi.

2. Indonesia Dianggap Penting bagi Pendidikan dan Kemampuan Bahasa di Australia
Dibanding negara lain, Australia secara historis menjadi pemimpin dunia dalam pengajaran bahasa Indonesia. Terbukti selama puluhan tahun, Australia konsisten mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah hingga universitas.

Australia memandang bahwa generasi mereka perlu memanfaatkan peluang untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman, terutama tentang wilayah mereka melalui bahasa dan bidang pembelajaran lainnya.

3. Indonesia Memiliki Kreativitas dan Budaya yang Kaya
Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau dengan lebih dari 1.340 suku bangsa. Ini menjadikan budaya di Indonesia sangat kaya dan menarik untuk dipelajari bagi banyak negara termasuk Australia.

Selain itu, generasi muda di Indonesia memiliki populasi hampir seperempat penduduk negara. Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, jumlah populasi anak muda Indonesia setara dengan 23,18% dari total penduduk. Ini membuat Australia memandang Indonesia memiliki kreativitas dinamis dalam inovasi teknologi dan seni, yang akan membentuk kembali negara pada masa depan.
Ini juga sekaligus menawarkan peluang untuk mendapatkan inspirasi dan kolaborasi dengan generasi muda Australia.

4. Soal Lingkungan dan Keberlanjutan yang Terikat
Australia dan Indonesia memiliki keprihatinan yang sama dalam menjaga lingkungan dan memenuhi tanggung jawab terhadap perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Dalam hal ini, koneksi kaum muda bisa menjadi pendukung untuk masa depan yang berkelanjutan. Dengan koneksi yang tepat, anak-anak muda Australia dan Indonesia dapat membuat perbedaan bagi kawasan Asia-Oseania dan dunia.

Bagi Australia, membangun pengetahuan tentang Indonesia dan persahabatan yang berkelanjutan untuk generasi penerus, dimulai dari sekolah.

Peminat Bahasa Indonesia Menurun
Meski begitu, fakta menunjukkan bahwa peminat bahasa Indonesia di sekolah menengah di Australia telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.
Pakar linguistik terapan dan pendidikan bahasa di University of South Australia, Dr Michelle Kohler, mengatakan dengan tidak adanya bahasa tertentu dalam kebijakan pendidikan, birokrat dan pimpinan sekolah telah beralih ke kebijakan kurikulum sebagai panduan.

“Namun ketergantungan pada kebijakan kurikulum menimbulkan permasalahan karena tidak dapat menjawab proposisi nilai dan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi program, penempatan staf, pelatihan guru, dan sumber daya,” ucap Kohler dalam situs Universitas Melbourne, dikutip Senin (24/6/2024).

Menurut Kohler, untuk mengatasi penurunan peminat ini, diperlukan kepemimpinan dan investasi dalam bahasa Indonesia dan studi dari Pemerintah Australia.

Ini termasuk investasi yang menghasilkan tenaga pendidik baru yang mampu mengajar bahasa Indonesia, didukung oleh sumber daya kontemporer dan relevan yang sejalan dengan program sekolah.

“Hanya kepemimpinan nasional dan pendanaan nasional yang dapat mencapai skala perubahan yang diperlukan,” jelasnya.

“Kita memerlukan kelompok generasi muda Australia yang kuat dan memahami tetangga terbesar kita dan mampu bekerja dengan masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan masalah-masalah besar di zaman kita seperti perubahan iklim, pandemi, keamanan, dan keberlanjutan,” imbuh Kohler.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Maps Sekolah

Gelora Jaya Nusantara

SMK GELORA JAYA NUSANTARA

NPSN : 69980030

JL. JAMIN GINTING NO. 35 KM. 15, LADANG BAMBU BARU, MEDAN TUNTUNGAN, SUMATERA UTARA, 20137

 

Pengumuman

Terbit : Juni 19, 2024
Penerimaan Raport
Hallo sehabat GJN… hari ini siswa/i SMK Gelora Jaya Nusantara Medan menerima Raport semester genap..
Terbit : Juni 12, 2024
PENERIMAAN SISWA/I BARU TAHUN AJARAN 2024/2025
HALLO SAHABAT GJN Gimana nih…. udah nentukan mau lanjut kemana Mau nginfoin lohh sekolah kita..
Terbit : Juni 11, 2024
BINGUNG MAU LANJUT KE SMA ATAU SMK??
Hallo Sahabat GJN Info penting nihh bagi kalian. KalianĀ  masih bingung mau sekolah dimana? Bingung..