Info Sekolah
Kamis, 21 Jul 2203
  • SMK Gelora Jaya Nusantara Membuka Pendaftaran Siswa/i Baru Tahun Ajaran 2024-2025 Memiliki 7 Jurusan yaitu: Perhotelan, Kuliner, Tata Kecantikan, Tata Busana, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, dan Teknik Kendaraan Ringan Dan membuka Kelas Industri: Axioo Class Program (TKJ), dan Excellent Perhotelan Industry
  • SMK Gelora Jaya Nusantara Membuka Pendaftaran Siswa/i Baru Tahun Ajaran 2024-2025 Memiliki 7 Jurusan yaitu: Perhotelan, Kuliner, Tata Kecantikan, Tata Busana, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, dan Teknik Kendaraan Ringan Dan membuka Kelas Industri: Axioo Class Program (TKJ), dan Excellent Perhotelan Industry
19 Juni 2024

10 Alasan Pentingnya Pendidikan bagi Perempuan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Diri

Rab, 19 Juni 2024 Dibaca 29x SMK Gelora Jaya

 Pendidikan adalah satu dari banyaknya hal yang menjadi hak bagi seluruh manusia. Seharusnya tidak ada tembok-tembok pembatas yang membatasi akses pendidikan bagi individu. Baik laki-laki atau perempuan, keduanya berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak yang nantinya dapat menyokong hidupnya di masa depan. Namun, sayangnya kini kesenjangan dalam konteks pendidikan masih sering ditemui.

Dilansir dari Unicef, anak-anak perempuan yang mendapatkan pendidikan layak akan memiliki pendapatan yang lebih tinggi di masa depan, mereka juga dapat memilih jalan hidupnya sendiri, dan juga mereka dapat membangun masa depan yang diimpikan. Pendidikan untuk anak-anak perempuan akan menguatkan perekonomian negara dan mengurangi kesenjangan yang ada di masyarakat. Namun, hak pendidikan bagi perempuan bukan hanya soal akses yang baik untuk bersekolah, tetapi juga termasuk keamanan mereka di kelas dan dukungan nyata untuk karier mereka di masa depan.

Terdapat berbagai alasan atas tidak meratanya akses pendidikan bagi perempuan. Kemiskinan, pernikahan dini, hingga kejahatan berbasis gender yang terjadi di berbagai negara dan berbagai komunitas menjadi alasan tingginya dinding yang membatasi akses mereka terhadap pendudukan. Di beberapa tempat, sekolah tidak aman dan tidak higienis untuk perempuan. Di beberapa tempat lainnya, masih ada praktik mengajar yang memandang rendah partisipasi perempuan dan tentunya akan menyebabkan kesenjangan yang semakin besar. Untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, dibutuhkan setidaknya pendidikan yang layak karena pendidikan adalah pilar dari kehidupan. Dilansir dari The Borgen Project, inilah 10 alasan utama di balik pentingnya pendidikan bagi perempuan

Meningkatkan Literasi
Pendidikan yang layak bagi perempuan dapat meningkatkan kualitas hidup. (Foto: Pexels/Edward Jenner)

Pendidikan yang layak patut diberikan kepada seluruh manusia, baik itu laki-laki maupun perempuan. Dengan memberikan pendidikan, kemampuan literasi anak akan meningkat dan akan membawa perubahan yang besar di negara-negara terbelakang.

Menghindarkan dari diri dari perdagangan manusia

Menurut United Nations Inter-Agency Project on Human Trafficking, perempuan adalah mangsa empuk dalam hal perdagangan manusia ketika mereka miskin dan tidak berpendidikan. Dengan menyediakan akses pendidikan yang adil, perempuan-perempuan tidak lagi menjadi korban perdagangan manusia dan memberikan kesempatan bagi banyak perempuan di luar sana untuk berkembang.

Menjadi representasi di ranah politik

Partisipasi perempuan dalam dunia politik di seluruh dunia masih sangat minim. Program dari United Nations Women’s menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan, pelatihan, dan pemberdayaan akan mengurangi kesenjangan yang terjadi di ranah politik ini.

Bayi yang sehat

Anak-anak dengan ibu yang berpendidikan dapat bertahan dengan baik. Maka dari itu, pendidikan sangat baik bagi negara-negara terbelakang karena di Burundi, tingkat kematian bayi dan anak mencapai 16.000 jiwa per tahun.

Hubungan seksual yang sehat

Anak perempuan yang baru menyelesaikan pendidikan  memiliki kemungkinan tiga kali lebih kecil untuk tertular HIV. Melalui statistik tersebut, Bank Dunia menyebut pendidikan sebagai “jendela harapan” dalam mencegah penyebaran AIDS di kalangan anak-anak saat

Penundaan pernikahan
Perempuan dapat menurunkan tingkat pernikahan di bawah umur ketika diberikan kesempatan pendidikan yang sama. (Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Sebagaimana dianjurkan oleh UN Population Fund, di negara-negara terbelakang, satu dari tiga anak perempuan menikah sebelum menginjak usia 18 tahun. Sementara itu, di daerah yang memberikan akses pendidikan tujuh tahun atau lebih pada perempuan, pernikahan dapat mundur hingga empat tahun.

Anggota keluarga yang lebih sedikit

Tingginya partisipasi perempuan di sekolah akan menurunkan tingkat kelahiran dari waktu ke waktu. Di Mali, perempuan dengan pendidikan menengah ke atas atau lebih memiliki rata-rata tiga anak. Berkebalikan dengan perempuan yang tidak mendapatkan pendidikan layak, mereka biasanya memiliki rata-rata tujuh anak.

Menghasilkan pemasukan finansial

Pendidikan juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan finansial perempuan. Menurut UNESCO, satu tahun pendidikan dasar pada perempuan dapat meningkatkan setidaknya 20% pendapatannya di masa mendatang.

Meningkatkan GDP

Gross domestic product (GDP) akan melonjak ketika anak-anak perempuan dan laki-laki diberikan kesempatan pendidikan yang sama. Ketika 10% anak perempuan bersekolah, GDP dapat meningkat rata-rata 3%.

Mengurangi tingkat kelaparan

Ketika perempuan diberikan hak yang sama, salah satunya adalah pendidikan yang layak, maka perempuan juga akan turut terlibat dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Dengan turut serta dalam aktivitas bisnis, perempuan akan memiliki kekuatan dan pendapatan yang cukup untuk memberantas kelaparan dan dapat menghidupi keluarganya.

Sumber : https://www.fimela.com/lifestyle/read/5586099/10-alasan-pentingnya-pendidikan-bagi-perempuan-untuk-tingkatkan-kesejahteraan-diri?page=3

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Maps Sekolah

Gelora Jaya Nusantara

SMK GELORA JAYA NUSANTARA

NPSN : 69980030

JL. JAMIN GINTING NO. 35 KM. 15, LADANG BAMBU BARU, MEDAN TUNTUNGAN, SUMATERA UTARA, 20137

 

Pengumuman

Terbit : Juni 19, 2024
Penerimaan Raport
Hallo sehabat GJN… hari ini siswa/i SMK Gelora Jaya Nusantara Medan menerima Raport semester genap..
Terbit : Juni 12, 2024
PENERIMAAN SISWA/I BARU TAHUN AJARAN 2024/2025
HALLO SAHABAT GJN Gimana nih…. udah nentukan mau lanjut kemana Mau nginfoin lohh sekolah kita..
Terbit : Juni 11, 2024
BINGUNG MAU LANJUT KE SMA ATAU SMK??
Hallo Sahabat GJN Info penting nihh bagi kalian. Kalian  masih bingung mau sekolah dimana? Bingung..